Article

Desain rumah 1 are

Minggu, 14 Juni 2015
Dengan semakin mahalnya lahan untuk tempat tinggal yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah sangat jarang masyarakat mampu untuk membeli lahan yang luasnya puluhan are, padahal untuk membuat suatu tempat tinggal, harus memerlukan lahan yang cukup luas agar kesan lega pada bangunan dapat diwujudkan,  karena sangat mahalnya lahan tersebut maka banyak dari pengavling membuat lahan kavling yang memiliki luas 1 are atau 100 m2, yang harapan nantinya masyarakat dapat menjangkaunya dan dapat membuat suatu bangunan baik yang sederhana maupun yang mewah sekalipun namun tetap dapat memiliki kesan lega didalamnya. Hal tersebut dapat dicapai yaitu dengan melakukan analisa lahan, yaitu dngan mengukur seberapa lebar depan dari lahan tersebut sehingga konsep yang nantinya dibuat dapat tepat dan seimbang pada lahan yang dimiliki. Karena perbedaan lebar depan lahan sangatlah penting apakah lebar depan dari lahan yang dimiliki dari lebar depan 5m sampai 10m ataukah lebih. 
 
Dari perbedaan tersebut desain yang akan muncul sangatlah berbeda dari lebar yang satu dengan lebar yang lain. Karena berpengaruh terhadap posisi ruang yang akan didesain. Seperti halnya posisi kamar tidur apakah berada didepan, samping ataukah belakang. Itu semua merupakan poin tersendiri pada masing masing lahan yang dimiliki. Dengan menggunakan teknik pembagian ruang yang terdapat dalam ilmu arsitektur pembagian ruang yang sesulit apapun pasti akan mendapat jalan keluar asalkan dalam kebutuhan ruang tidak mengalami perubahan ataupun penambahan ruang. Karena apabila kebutuhan ruang yang terus berubah otomatis akan mempengaruhi susunan yang terjadi didalam organisasi pola desain ruang. Yang apabila dipaksakan akan berakibat kacau pada desain tersebut sehingga kesan memaksakan suatu ruang bisa terjadi. Hal tersebut sangat perlu untuk dihindari karena akan memicu suatu masalah dikemudian hari yang berupa ruang yang muncul sanagt kecil atau susah dicapai dan lain sebagainya.
 
Dalam mendesain rumah 1 are atau 100m2 tersebut memerlukan teknik pembagian ruang yang amat sangat teliti, apabila salah dalam pembagian ruang maka akan berpengaruh dalam perkembangan desain kedepannya. Dan yang menjadi faktor penentu untuk menjadikan lahan 1 are ini menjadi suatu desain ataukah hunian yang nyaman sangatlah perlu mematangkan kebutuhan ruang apakah yang akan digunakan suapaya dilahan yang sempit ini tidak terjadi ruang yang dipaksakan yang sebenarnya tidak diperlukan tiba tiba dimunculkan sehingga semestinya ruang yang lain dapat dioptimalkan secara maksimal menjadi ruang yang minimal karena faktor penambahan ruang yang tidak terlalu perlu.

Copyright © 2019
Arch Architect

Visitor :