Article

Desain Arsitektur Yang Memiliki Hubungan Erat Akan Suatu Warna dan Pengaplikasian di Dalam Suatu Bangunan

Rabu, 22 Juli 2015
Kehidupan yang diciptakan oleh tuhan didunia ini dari yang mikro hingga yang makro begitu sangatlah kompleks sekali. Seperti contoh mahluk hidup dari yang berukuran mikro sampai manusia yaitu mahluk ciptaan tuhan yang paling sempurna. Dari hal itu dapat disimpulkan adalah manusia adalah mahluk yang paling memiliki kecerdasan yang paling tinggi dibandingkan dengan mahluk yang lain yang ada didunia ini, yang dapat berfikir maupun memecahkan suatu masalah hingga masalah yang sangat sulit sekalipun. Tidak terlepas dari hal itu manusia juga dapat membedakan warna hingga 250 susunan warna dan 17.000 jenis warna campuran, maka tidak heran manusia banyak memiliki keinginan dan angan angan sebanyak banyaknya, karena warna itu merupakan cerminan dari pola kehidupan didunia yang berwarna warni. Dari hal tersebut keterkaitan warna dan pola hidup masyarakat dengan desain arsitektur sangatlah menjadi erat dikarenakan desain arsitek tersebut bersifat fleksiberl dan penuh warna yang dapat mengisi kekosongan didalam angan angan akan suatu desain yang berbau arsitektur atau bangunan.
 
Desain arsitek tersebut sangat tergantung akan suatu warna kehidupan yang berjalan, karena semakin majunya teknologi maka semakin ter explor keinginan untuk menciptakan suatu desain yang baru yang lebih baik dan lebih evisien yang dapat mendukung segala hal. Dari sekian banyak warna tersebut sering kita dengan jenis warna yang dapat mempengaruhi perasaan dari seseorang yang berada diantara warna tersebut. Seperti contoh :
a) Warna merah yang memiliki arti memberikan suatu gairah atau daya tarik sehingga apabila diaplikasikan dalam suatu desain arsitektur sering dijadikan vokal point dari suatu warna karena memiliki karakter tegas dan jelas.
b) Warna oranye yang memiliki kesan hangat  dan semangat yang secara tidak langsung dapat memberikan suatu suasana yang santai apabila diaplikasikan didalam suatu ruang.
c) Warna kuning yang memiliki arti kebahagiaan dan semangatyang apabila diaplikasikan cocok untuk kamar bermain anak yang mana warna tersebut dapat menimbulkan suasana yang riang yang penuh akan semangat.
d) Warna biru yang memiliki efek menenangkan seperti contoh warna air laut yang kebiruan apabila memandanginya seolah olah memberikan ketenangan sejenak selama memandanginya.
e) Warna hijau atau  warna alam yang sering di gunakan untuk menunjukan simbol simbol alam yang mana warna ini dapat memberikan kesan santai apabila warna tersebut diaplikasikan didalam suatu ruang.
f) Warna hitam yaitu warna yang memberikan kesan seram atau menakutkan jika diaplikasikan disetiap bidang pada suatu ruang namun warna hitam ini dapat  memberikan kesan elegan apabila didalam pengaplikasiannya ditempatkan pada suatu bidang atau salah satu bidang yang memiliki kesan ruang modern, baik itu dari segi furniturnya ataupun unsur penataannya.
g) Warna putih yang mengandung makna kebebasan serta kesan luas yang sering kita lihat pengaplikasiannya diterapkan pada dinding rumah ataupun ceiling rumah sehingga dari ruang yang sebenarnya sempit dapat dirasakan luas.
Dari beberapa contoh warna tersebut sangat erat sekali kaitannya akan desain arsitektur, sehingga desain yang diciptakan dapat memiliki power atau kekuatan yang dapat mempengaruhi penghuni yang ada didalamnya menjadi lebih berwarna sehingga menimbulkan kesan semangat setiap saat. Bisa dapat dibayangkan suatu rumah hanya menggunakan satu warna saja didalamnya maka sudah pasti suasana yang akan muncul didalam rumah tersebut akan menjadi kurang menarik atau membosankan. Dari sedikit penjelasan diatas kata warna sangat menentukan hidup kita didunia jika tidak ada warna didalam dunia ini sudah pasti tidak akan ada cita cita ataupun angan angan yang muncul.

Copyright © 2019
Arch Architect

Visitor :